*/ -->

RPP IPS Kelas 9 Semester 1 Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju




RPP IPS Kelas 9 Semester 1 Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP IPS Kelas 9 Semester 1 Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju sebagai sarana penunjang pembelajaran IPS semester 1.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP NEGERI ...............
Kelas/Semester                        : IX/I
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema                                       : 1. Potensi dan Upaya Indonesia menjadi Negara Maju
Sub Tema                                : 1.1 Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya
Alokasi                                    : 4 x 80 menit (2 JP)

A. KOMPETENSI INTI
KI. 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI. 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan  pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memsahami dan menerapkan pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi  dan membuat) ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai yang dipelajari di sekolah dengan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1. Memiliki perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
3.3. Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara
4.1. Merumuskan alternatif tindakan nyata dalam mengatasi masalah yang kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.



C.      INDIKATOR
3.3.1        Menjelaskan keterkaitan geostrategic dengan perkembanngan Negara Indonesia
3.3.2        Menjelaskan  potensi lokasi yang dimiliki Indonesia sebagai  modal menuju kemajuan
3.3.3        Menjelaskan potensi astronomis sebagai modal menuju  kemajuan bangsa
3.3.4        Menjelaskan  potensi geologis sebagai  modal menuju kemajuan  bangsa
4.1.1      Mendiskusikan posisi geostrategis dengan dinamika  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik dalam kehidupan bernegara.


D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran sub tema ini adalah agar peserta didik mampu
a.       Mengemukakan keterkaitan geostrategic dengan perkembangan ekonomi, politik, ekonomi, social budaya Negara Indonesia
b.      Mengemukakan bukti bahwa potensi lokasi yang dimiliki Indonesia dapat digunakan sebagai  modal menuju kemajuan
c.       Mengemukakan bukti bahwa potensi astronomi yang dimiliki Indonesia dapat digunakan sebagai  modal menuju kemajuan
d.      Mengemukakan bukti bahwa potensi geologis yang dimiliki Indonesia dapat digunakan sebagai  modal menuju kemajuan
e.       Menunjukkan langkah pengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk diambil manfaatnya bagi kemajuan bangsa.
f.        Menganalisa  keuntungan yang dirasakan masyarakat Indonesia karena potensi lokasi, astronomi, geologis
Hanya digunakan sebagai media uji coba template ya guys
E.       MATERI PEMBELAJARAN
a.       Potensi Lokasi Indonesia
b.      Jalur Pelayaran yang melewati Indonesia
c.       Pemanfaatan Lokasi Indonesia yang Strategis

F.       METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan : Saintific
·         Model         : Discovery Learning (1), Problem Based Learning (2)

G. MEDIA PEMBELAJARAN
·         Media                     : Peta Indonesia, Gambar: Tambang minyak, Potensi kelautan, Potensi budaya, SDM,  Alur pelayaran atau penerbangan
·         Alat dan Bahan       : Laptop, LCD,
·         Sumber Belajar
Ginting, Penerangan. 2004. Geografi SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Tim. 2015. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementerian PendidikanKebudayaan

H.  Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (DL)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.       Persiapan psikis dan fisik, membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.      Peserta didik beserta guru mengkondisikan kelas
c.       Guru memberi motivasi; menanyakan kesiapan dengan menanyakan ketuntasan membaca materi yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
d.      Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran dan menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan diajarkan
e.       Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Serta melakukan tanya jawab makna dari lagu tersebut. Dan dilanjutkan ice breaking
10
Kegiatan Inti
a.       Orientasi peserta didik pada permasalahan
b.      Membagi siswa ke dalam 4 kelompok terdiri dari 5-8 siswa
c.       Pengamatan/observing: Menayangkan Peta perdaganganan Asia Tenggara, foto perdagangan internasional (periksa lampiran). Tentang keunggulan letak geostrategis wilayah Indonesia dan aspek pengaruhnya.


 








     
  
 



 









d.      Bertanya/Questioning; diskusi kelompok untuk memberikan kesempatan pada siswa saling mengajukan pertanyaan tentang informasi yang kurang dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang apa yang diamati.
e.       Mengumpulkan informasi; menjawab pertanyaan yang ada dalam gambar, serta mencatat semua informasi tentang keunggulan letak geostrategic yang berpengaruh dalam kehidupan social, budaya, ekonomi
f.        Mengolah informasi tentang keunggulan letak geostrategic yang berpengaruh dalam kehidupan social, budaya, ekonomi dari kegiatan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan yang ada untuk menambah keleluasaan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan.
g.      Mengkomunikasikan; presentasi, menyampaikan hasil pengamatan dan penyusunan data dari hasil kerja kelompok tentang keunggulan letak geostrategic yang berpengaruh dalam kehidupan social, budaya, ekonomi.
h.      Evaluasi pemecahan masalah

60
Penutup
a.       Beserta peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
b.      Refleksi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan; melalui manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan. Demikian juga kesan mereka terhadap kegiatan yang dilakukan.
c.       Penilaian secara lisan dengan pertanyaan-pertanyaan
d.      Memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi pada pertemuan mendatang Potensi Secara lokasi, SDA, SDM, Sumber Daya Budaya
e.       Menutup pelajaran dengan ice breaking kemudian dilanjutkan berdoa
10








PERTEMUAN II (PBL)
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PERTEMUAN KE 2
Pendahuluan







a.    Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama bila pembelajaran dilaksanakan pada jam pertama
b.    Mengecek kehadiran siswa bila ada siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh dan mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan
c.     Apersepsi dan memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu Nusantara 5 (Koes Plus) serta menanyakan makna dari lagu tersebut

Ribuan pulau bergabung menjadi satu.
Sebagai ratna mutu manikan Nusantara oh nusantara.

Berlimpah limpah kekayaan Nusantara,
tiada dua dimana jua. Nusantara oh Nusantara.

Siapa tak kenal Nusantara, siapa tak suka Nusantara, siapa tak say
ang Nusantara.

Alamnya indah serta udaranya cerah
menjadi kebanggaaan semua
Nusantara oh nusantara

Aneka bunga terhampar sekitar kita,
seakan ada di dalam surga,
Nusantara oh nusantara.
d.    Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
e.    Menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari
10 menit











Inti
a.       Orientasi peserta didik pada permasalahan
b.      Membagi siswa ke dalam 4 kelompok terdiri dari 5-8 siswa dengan permasalahan
Kelompok 1 : Potensi Lokasi
Kelompok 2 : Potensi Astronomi
Kelompok 3 : Potensi Geologi
Kelompok 4 : Harapan dan Tantangan dengan Potensi Indonesia

c.       Memberikan orientasi peserta didik pada permasalahan
Dengan memberikan penayangan gambar tentang potensi lokasi, Astronomi, Geologi, Harapan dan Tantangan dengan potensi Indonesia . Dan Tanya jawab singkat tentang ruang dan waktu keberlanjutan.

d.      Membimbing pemyelidikan individu dan kelompok
Baca dan diskusikan  wacana  ada di buku referensi dan rundingkan secara baik untuk  menjelaskan  bagian yang tercermin dalam pertanyaan dalam kelompok
untuk memberikan kesempatan saling bmengajukan pertanyaan. Tentang potensi yang dimiliki Indonesia beserta seluk beluknya.
Kelompok 1:  Lokasi merupakan  potensi untuk menuju Negara Maju
Kelompok 2: Astronomi merupakan  potensi untuk menuju Negara Maju
Kelompok 3 : Geologi merupakan  potensi untuk menuju Negara Maju
Kelompok 4 : Harapan dan Tantangan dengan potensi Indonesia
e.       Mengolah Informasi tentang potensi Lokasi, Astronomi, Geologi, Harapan dan Tantangan untuk menambah keleluasaan dan kedalaman sampai pengolahan informasi yang bersifat solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat berbeda.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya melalui mengkomunikasikan kerja kelompok.
f.      Menganalisa dengan cara mengundang salah satu perwakilan siswa untuk menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
60 menit
Penutup
a.       Klarifikasi presentasi dan membuat simpulan bersama siswa.
b.      Menyampaikan PR berupa  melengkapi tabel tentang jalur
pelayaran , Negara yang dilewati, dan selat yang dilewati sebagai stimulus semangat bahwa jalur pelayaran maupun kemudahan transportasi akan berdampak pada kemungkinan kemajuan bangsa. ( periksa lampiran) dan akan dibahas pada pertemuan berikut. Serta membaca Potensi sumber daya alam Indonesia.
c.     Mengucapkan salam
10 menit

H. Penilaian
- Teknik: Tes tulis, tes lisan, produk diskusi



PENILAIAN PENGETAHUAN
1. Tes TULIS
Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
Bentuk Penilaian   : Soal Uraian

Pertemuan I
Indikator :

3.3.1        Menjelaskan keterkaitan geostrategic dengan perkembanngan Negara Indonesia
3.3.2        Menjelaskan  potensi lokasi yang dimiliki Indonesia sebagai  modal menuju kemajuan
3.3.3        Menjelaskan potensi astronomis sebagai modal menuju  kemajuan bangsa
3.3.4        Menjelaskan  potensi geologis sebagai  modal menuju kemajuan  bangsa
 4.1.1    Mendiskusikan posisi geostrategis dengan dinamika  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik dalam kehidupan bernegara.

No
Pertanyaan
Kunci Jawaban
Skor
1
Jelaskan keterkaitan geostrategic dengan perkembangan negara Indonesia!

Letak strategis memungkinkan Indonesia memperoleh keuntungan secara ekonomi, politik, social budaya

20
2
Identifikasikan  hubungan  kedatangan bangsa Barat dengan posisi strategis wilayah Indonesia!
Kedatangan bangsa barat lebih banyak disebabkan oleh peluang dan harapan baru. Mengingat Indonesia memiliki potensi

20
3
Identifikasikan benang merah geostrategic wilayah Indonesia dengan kontak budaya
Pada posisi persilangan arus pelayaran dan perdagangan yang diikuti mobilitas manusia dari berbagai bangsa membuka peluang kontak budaya dan akan memperkaya persilangan maupun perbendaharaan budaya.

20
4
Jelaskan keunggulan wilayah Indonesia ditinjau dari geologis
Tanah Indonesia menjadiu subur karena banyak terdapat gunung berapi
20
5
Berilah 3 contoh keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
5                                - Memnungkinkan kontak budaya
6                                - Memperoleh keuntrungan secara ekonomi, karena wilayah sebagai transito
7                                - Peluang memperkaya budaya yang disesuaikan dengan kepribadian dan keperluan sebagai modal menjadi Negara maju
20

Pertemuan 2
Indikator
3.3.1        Menjelaskan keterkaitan geostrategic dengan perkembanngan Negara Indonesia
3.3.2        Menjelaskan  potensi lokasi yang dimiliki Indonesia sebagai  modal menuju kemajuan
3.3.3        Menjelaskan potensi astronomis sebagai modal menuju  kemajuan bangsa
3.3.4        Menjelaskan  potensi geologis sebagai  modal menuju kemajuan  bangsa
 4.1.1    Mendiskusikan posisi geostrategis dengan dinamika  perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik dalam kehidupan bernegara.


No
Pertanyaan
Kunci Jawaban
Skor
1
Bagaimana pengaruh geografis Indonesia dari sisi arus migrasi dan perlintasan manusia?

Proses asimilasi antar bangsa akan terjadi namun memungkinkan pula terjadi kolonialisasi mengingat potensinya itu.

20
2
Bagaimana pengaruh astronomis letak Indonesia terhadap kehidupan social budaya

Memungkinkan masyarakat Indonesia beradaptasi dengan lingkungannya, karena Indonesia beriklim tropis, mata pencaharian bidang agraris

20
3
Berilah gambaran  tantangan geologis mampu membentuk karakter dan kehidupan social masyarakat Indonesia

Menghasilkan manusia yang beradaptasi dengan upaya mengatasi masalah di daerah sering terjadi musibah dengan cara pandang serta kearifan local. Serta peluang untuk mengolah kekayaan tambang sesuai kemampuan sendiri
20
4
Carikan keterkaitanantara letak astronomis dan geologis  mampu memberikan kekayaan alam Indonesia
Berpengaruhb terhadap kekayaan hayati dan kekayaan bahan tambang
20
5
Carikan keterkaitan antara letak astronomis, geografis, geologis dapat dijadikan potensi menjadikan Indonesia mampu menjadi Negara maju
Komponen yang dapat dimaksimalkan sebagai modal dasar pembangunan adalah; tanah subur, kekayaan tambang, dan pendapatan ekonomi dari letak diantara persilangan 2 benua  2 samudera
20

Rumus penilaian pengetahuan:


Tugas disampaikan pada pertemuan ke 2
Dengan berpatokan pada peta








Lengkapi tabel
Jalur Perjalanan
Negara yang dilewati
Laut yang dilewati
India - Australia


India - Jepang


Australia - Cina


New Zealand - Thailand



2. Tes Lisan,
Teknik Penilaian   : Tes Lisan

Setelah kalian mendiskusikan materi tentang potensi geostrategic posisi wilayah, maka pertanyaan lisannya
1.      Jelaskan  letak Indonesia ditinjau dari letak geostrategis!
2.      Sebutkan  2 pengaruh Indonesia bila ditinjau dari geostrategic dua benua terhadap dinamika  perubahan masyarakat Indonesia dari sisi ekonomi!
3.      Deskripsikan letak geostrategic berpengaruh terhadap dinamika masyarakat dalam bidang ekonomi!
4.      Jelaskan hubungan letak geostrategic Indonesia yang berada di antara dua benua, Indonesia memperoleh peluang untuk menjadi Negara maju!!
5.     


 








Setelah kalian mengamati gambar yang ditayangkan  tentang  keunggulan wilayah Indonesia, hubungkan geostrategic wilayah dengan keanekaragaman jejak budaya

Penilaian  
No.
Nama Peserta Didik
 ketepatan
jawaban
(1-4)
keaktifan
(1-4)
Kontribusi urun pendapat
(1-4)
Jumlah Nilai


















Bentuk  : Instrumen pengamatan
Keterangan:
1      = Kurang
2      = Cukup
3      = Baik
4      = Sangat baik



Kriteria Nilai:
A = 80 – 100 = Baik Sekali
B = 70 – 79   = Baik
C = 60 – 69   = Cukup
D = < 60        = Kurang




Penilaian Keterampilan
Indikator:
1.        Mengobservasi keunggulan geostrategic suatu wilayah dengan dinamika ekonomi masyarakat..
2.        Mempresentasikan data hasil diskusi

a.      Tes Praktik Diskusi
No.
Nama Peserta Didik
Kelompok
Kemampuan Mengamati
(1-4)
Kemampuan  presentasi
(1-4)
 Laporan hasil diskusi
(1-4)
Jumlah Nilai






















Keterangan:
1.      = Kurang
2.      = Cukup
3.        = Baik
4.        = Sangat baik



Kriteria Nilai:
A = 80 – 100 = Baik Sekali
B = 70 – 79   = Baik
C = 60 – 69   = Cukup
D = < 60        = Kurang


Penilaian SIKAP
a.       Penilaian Diri
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SOSIAL
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai berikut.
1        = selalu
2        = sering
3        = kadang-kadang
4        = tidak pernah

Nama Peserta Didik     = ______________________________
Kelas                             = ______________________________
Tanggal Pengamatan    = ______________________________
Materi Pokok                = ______________________________

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu terhadap potensi lokasi, SDA, SDM, Budaya di Indonesia




2.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap saran atau pendapat orang lain




3.
Menunjukkan sikap kritis terhadap potensi lokasi, SDA, SDM,  budaya di Indonesia antara harapan dan tantangan.




Jumlah Nilai


Perhitungan nilai akhir menggunakan rumus:

Kriteria Penilaian:
Sangat Baik     = apabila memperoleh nilai 3,33 < nilai ≤ 4,00
Baik                 = apabila memperoleh nilai 2,33 < nilai ≤ 3,33
Cukup             = apabila memperoleh nilai 1,33 < nilai ≤ 2,33
Kurang                        = apabila memperoleh nilai  ≤ 1,33

b.      Penilaian Teman Sejawat

DAFTAR CEK PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
TENTANG SIKAP SPIRITUAL

Nama Peserta Didik yang Dinilai    = ______________________________
Kelas                                                = ______________________________
Tanggal Pengamatan                       = ______________________________
Materi Pokok                                   = ______________________________

Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai berikut.
1        = selalu
2        = sering
3        = kadang-kadang
4        = tidak pernah

No.
Aspek Pengamatan
Skala
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum melakukan kegiatan belajar




2.
Berdoa sesudah melakukan suatu kegiatan belajar




3.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




4.
Memberi salam sebelum menyampaikan pendapat/presentasi




5.
Memberi salam sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




6.
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap kebesaran Tuhan




Jumlah Nilai


Perhitungan nilai akhir menggunakan rumus:


Kriteria Penilaian:
Sangat Baik     = apabila memperoleh nilai 3,33 < nilai ≤ 4,00
Baik                 = apabila memperoleh nilai 2,33 < nilai ≤ 3,33
Cukup             = apabila memperoleh nilai 1,33 < nilai ≤ 2,33
Kurang                        = apabila memperoleh nilai  ≤ 1,33

c.       Observasi

Kelas                                                = ______________________________
Tanggal Pengamatan                       = ______________________________
Materi Pokok                                    = ______________________________



No
Nama siswa
spiritual
jujur
disiplin
tggjwb
toleran
santun
Percaya diri
Gtgroyong
Total


1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4



































Perhitungan nilai akhir menggunakan rumus:

Kriteria Penilaian:
Sangat Baik     = apabila memperoleh nilai 3,33 < nilai ≤ 4,00
Baik                 = apabila memperoleh nilai 2,33 < nilai ≤ 3,33
Cukup             = apabila memperoleh nilai 1,33 < nilai ≤ 2,33
Kurang                        = apabila memperoleh nilai  ≤ 1,33
d.      Jurnal

Nama Peserta Didik yang Dinilai      = ______________________________
Kelas                                                  = ______________________________

No
Hari/tanggal
Jurnal/ kejadian
Keterangan















I.    MEDIA PEMBELAJARAN
·         Media                     : Peta Indonesia, Gambar: Tambang minyak, Potensi kelautan, Potensi budaya, SDM,  Alur pelayaran atau penerbangan
·         Alat dan Bahan       : Laptop, LCD,
·         Sumber Belajar
Ginting, Penerangan. 2004. Geografi SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Tim. 2015. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementerian PendidikanKebudayaan



J. Interaksi dengan orang tua
          Interaksi dolakukan dengan menanda tangani hasil pekerjaan peserta didik oleh orang tua masing-masing.


FORMAT INSTRUMEN INTERAKSI DENGAN ORANG TUA

Nama  peserta didik  : ...........
Kelas / No. Absen     : ...........

NO
TANGGAL TUGAS
JENIS TUGAS
TTD  ORTU
KET
















                                                                        Denpasar,  27 Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMP Negeri ....................                                         Guru Pengajar



.............................................                                             ...............................................
NIP. -                                           

>>> DOWNLOAD  RPP IPS Kelas 9 Semester 1 Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju

Penutup: Itulah  RPP IPS Kelas 9 Semester 1 Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini
bm

Hanya seorang manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dan mencoba hal - hal baru.

Show comments
Hide comments

Posting Komentar