RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila
RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila - Sebagai tindak lanjut dalam menyampaikan bahan atau materi bagi seorang guru dan juga sekaligus sebagai kelengkapan administrasi pengajaran, kali ini saya akan share mengenai RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila untuk 1 kali pertemuan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP .......... ........
Mata pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : 9/I
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 1 pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa
kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan
antarbangsa
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan
jaman
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai
dasar Negara dari masa ke masa
3.1.2 Menjelaskan
Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman.
D. Materi
Pembelajaran
Penerapan Pancasila dari Masa Ke Masa
a.
Masa Orde Lama, meliputi
1)
Periode 1945 – 1950
2)
Periode 1950 – 1959
3)
Periode 1959 – 1965
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (
3 x 40 Menit )
Pertemuan pertama
diawali dengan mengulas isu-isu yang ada disekitar peserta didik. Menyampaikan gambaran umum materi yang akan
di pelajari pada Bab 1, kegiatan apa yang akan dilaksanakan, menjelaskan
pentingnya mempelajari materi ini, menumbuhkan ketertarikan peserta didik
terhadap materi yang akan di pelajari.
a. Materi Pembelajaran
Materi pokok pertemuan pertama membahas tentang Perkembangan
penerapan Pancasila sebagai dasar Negara pada masa Orde Lama Periode 1945 –
1965.
BAB I Bagian A point 1halaman 3 sampai 6.
b. Proses Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, metode
pembelajaran menggunakan discovery learning, metode diskusi dengan model
pembelajaran bekerja dalam kelompok dan kajian dokumen historis. Kegiatan
pembelajaran sesuai pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya, mencari
informasi, dan mengasosiasikan dan mengomunikasikan
I.
Kegiatan Pendahuluan 12 menit
a. Peserta Didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib
nasional
c. Melakukan apersepsi dengan tanya jawab mengenai Pancasila
yang sudah dipelajari di kelas VII dan VIII.
d. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian
kompetensi yang
akan dicapai
e. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang
manfaat proses pembelajaran.
f. Menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan peserta didik.
g. Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran
yang akan dilakukan
II.Kegiatan
Inti : 90 menit
Mengamati,stimulasi
a.
Peserta didik dibentuk menjadi beberapa
kelompok, tiap kelompok beranggotakan 5 - 6 orang;
b.
Peserta didik diminta untuk mengamati
gambar 1.1 dan gambar 1.2 pada
halaman 4 buku siswa dan gambar yang ditayangkan guru sesuai dengan
tema upaya mengubah Pancasila sebagai dasar Negara;
Menanya,identifikasi
masalah
a. Setelah mengamati gambar atau tayangan yang disampaikan oleh
guru, peserta didik dalam kelompok dibimbing oleh guru untuk menyusun
pertanyaan sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi dengan pembagian materi sebagai berikut :
Kelompok 1 dan 2 :
mengkaji penerapan Pancasila pada periode 1945-1950
Kelompok 3 dan 4 :
mengkaji penerapan Pancasila pada periode 1950-1959
Kelompok 5 dan 6 :
mengkaji penerapan Pancasila pada periode 1959-1965
b. Guru mengamati keterampilan peserta didik baik secara perorangan
maupun kelompok dalam menyusun pertanyaan.
c. Guru memberikan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang
menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indicator pencapaian
kompetensi.
d. Guru menyeleksi pertanyaan yang dibuat setiap kelompok,
pertanyaan yang sesuai dengan indicator pencapaian
kompetensi dipakai sebagai acuan untuk kegiatan belajar selanjutnya.
Mengumpulkan
Informasi, pengumpulan data
a.
Untuk mencari informasi dan
mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun Peserta Didik diminta
untuk membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas IX Bab I bagian A halaman 2
sampai 9, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain
dan internet tentang penerapan Pancasila pada masa orde lama.
b.
Peserta didik secara kelompok juga
mencari informasi sesuai Tugas Kelompok 1.1 di halaman 6, melalui membaca buku,
bertanya kepada guru, pengamatan, membuka, Internet tentang penerapan Pancasila
pada masa orde lama.
Mengasosiasi , pengolahan Data
a.
Guru membimbing peserta didik
secara berkelompok untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
tentang perbedaan dan persamaan
penerapan Pancasila pada masa
orde lama yaitu pada periode
1945-1950
periode 1950-1959
periode 1959-1965
b. Guru melakukan pengamatan dan penilaian dalam kegiatan diskusi
kelompok
Mengkomunikasikan, pembuktian, menarik kesimpulan
a. Dengan bimbingan guru,peserta didik menyusun laporan hasil
telaah tentang persamaan dan perbedaan penerapan Pancasila pada masa orde lama dalam bentuk
kertas lembaran. .
b. Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok dengan presentasi,
seperti :
1)
Kelompok mempresentasikan secara bergantian hasil kerjanya
3)
Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain
memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang penting
serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.
4)
Kelompok penyaji bertanya jawab dan diskusi dengan peserta didik lain tentang
materi yang disajikan paling lama 15menit
c.
Peserta didik mendiskusikan dan membuat
kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok, seperti
:
1) Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain
2) Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau
menyampaikan pendapat
3) Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan
oleh moderator
4) Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan
atau pendapat
5) Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan
orang lain
d.
Guru menjelaskan pedoman penilaian selama penyajian materi, seperti aspek
penilaian meliputi :
1) Kemampuan bertanya
2) Kebenaran gagasan/materi
3) Argumentasi yang benar dan logis
4) Bahasa yang digunakan (bahasa baku)
5) Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)
e.
Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan
meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban
benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
III.Kegiatan
Penutup : 18 menit
a. Bersama peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b. Melakukan refleksi atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan pengalaman
sejarah merubah dasar negara Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
berikut:
1) Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari
pengalaman sejarah merubah dasar negara Pancasila ?
2) Apa sikap yang kalian
peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan ?
3) Apa manfaat yang
diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan
4) Apa rencana tindak lanjut
akan kalian lakukan ?
5) Apa sikap yang perlu
dilakukan selanjutnya ?
c.
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.
Guru memberikan tugas agar peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya
yaitu tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
c. Penilaian
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama
proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam
Observasi ini dilihat aktivitas dan
tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang diamati adalah,
Iman taqwa, rasa Syukur, jujur.
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : IX
Hari,
Tanggal : Selasa,23 Juni 2015
Pertemuan
Ke-: I
Materi
Pokok : Penerapan Pancasila pada masa orde lama
No
|
Nama
|
|
Aspek
Penilaian
|
|||||
Iman
Taqwa
|
Rasa
Syukur
|
Jujur
|
Modus
|
Nilai
|
Predikat
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap
yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek
sikapyang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang
dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang
dinilai
Skor
perolehan
Nilai = ------------------- x 4
20
2) Penilaian Pengetahuan
Ø Teknik :
Tes Tertulis
Ø Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Kerjakan soal-soal berikut ini dengan memberikan jawaban yang singkat
dan
tepat !
No
|
Ranah
|
Pertanyaan
|
1.
|
C1
|
Sebutkan tokoh-tokoh yang memimpin gerakan-gerakan penggantian dasar
Negara (Pancasila)pada masa orde lama!
|
2.
|
C2
|
Apakah tujuan masing –masing gerakan pemberontakan yang terjadi pada
masa orde lama tersebut ?
|
3.
|
C3
|
Ceritakan secara singkat terjadinya G30 SPKI
|
4.
|
C4
|
Berikan sedikitnya 2 persamaan dan perbedaan penerapan Pancasila pada
masa orde lama!
|
Pedoman Penilaian :
Petunjuk Pengisian
Kerjakan soal-soal uji
kompetensi dengan benar. Jawaban Anda akan mendapatkan
skor 0 sampai 100., dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Skor terendah adalah 0, yaitu apabila tidak ada satu pun jawaban yang benar
2. Skor tertinggi adalah 100, yaitu apabila semua jawaban benar
3. Setiap jawaban akan mendapatkan skor sesuai dengan kadar jawabannya
Kunci Jawaban dan rubrik penskoran
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
Rubrik
|
1.
|
Muso di Madiun,Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo di
jabar(DI/TII),DN.Aidit
|
Dijawab sangat sempurna skor 4, dijawab
sempurna skor 3, dijawab cukup sempurna skor 2, dijawab tidak sempurna skor
1, tidak dijawab 0
|
2.
|
Mengganti dasar Negara dan ideology Pancasila dengan
ideology lain(komunis ,agama)
|
Dijawab
sangat sempurna skor 4, dijawab sempurna skor 3, dijawab cukup sempurna skor
2, dijawab tidak sempurna skor 1, tidak dijawab 0
|
3
|
Terjadi penyimpangan penafsiran terhadap Pancasila dan konstitusi
Akibat :terjadi kultus
individu terhadap Soekarno,adanya NASAKOM
Tantangan yang dialami NKRI
:
-terjadinya pemberontakan
PKI pada tanggal 30 September 1965
Tokoh : D.N Aidit
Tujuan : -
mendirikan kembali Negara soviet di Indonesia
-mengganti
ideology Pancasila dengan ideology komunis
|
Dijawab sangat sempurna skor 4, dijawab sempurna
skor 3, dijawab cukup sempurna skor 2, dijawab tidak sempurna skor 1, tidak
dijawab 0
|
4
|
Persamaan :sama-sama ingin mengganti ideology Pancasila
dengan ideology lain
Perbedaan : PKI ingin mengganti Pancasila dengan ideology
komunis,DI/TII dengan ideology agama dan RMS,PRRI,Permesta ingin melepaskan
diri dari NKRI
|
Dijawab sangat
sempurna skor 4, dijawab sempurna skor 3, dijawab cukup sempurna skor 2,
dijawab tidak sempurna skor 1, tidak dijawab 0
|
|
Skor Maksimal
|
16
|
Pedoman Penskoran:
Jumlah perolehan skor peserta
didik x Nilai ideal (4) = Nilai Akhir
Jumlah
skor maksimal seluruh soal
3) Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan
dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi,
kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan
argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat
menyampaikan hasil telaah tentang upaya merubah Pancasila sebagai dasar negara.
N0
|
Nama
siswa
|
Kemampuan bertnya
|
Kemampuan menjawab/argumentasi
|
Memberi
masukan/
sasaran
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: di isi dengan tanda cek ( v )
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik, 3 =
baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Skor
Perolehan
Nilai = --------------------- x 4
12
Pedoman Penskoran (rubrik) :
No
|
Aspek
|
Penskoran
|
|
Kemampuan bertanya
|
Skor 4, apabila
selalu Bertanya
Skor 3, apabila
sering bertanya
Skor 2, apabila
kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila
tidak pernah bertanya.
|
|
Kemampuan menjawab/ argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban
benar, rasional,
dan jelas.
Skor 3, apabila
materi/jawaban benar, rasional,
dan tidak jelas
Skor 2, apabila
materi/jawaban benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila
materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
|
Kemampuan memberi masukan
|
Skor 4, apabila
selalu memberi masukan
Skor 3, apabila
sering memberi masukan
Skor 2, apabila
kadang-kadang memberi masukan
Skor 1, apabila
tidak pernah memberi masukan
|
B.
`Media / Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media
·
Gambar-gambar
penerapan Pancasila pada masa orde lama
·
Power Point materi
·
Lembar
kerja
2. Alat dan bahan
·
Laptop
·
LCD Proyector
3.
Sumber
Belajar
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Pendi-dikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IX. Jakarta :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman 1 –
28
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IX.
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman 49
–
93
· Bahan ajar untuk
peserta didik (terlampir)
· Internet
· Buku referensi
lain yang relevan
Mengetahui, Denpasar, 9 Juli 2016
Kepala SMP .........................
Guru Mapel PPKn
................................................
NIP. 19581231 198003 1 196 NIP.
LAMPIRAN :
Materi
Ajar :
Penerapan Pancasila pada masa Orde Lama
A.Periode 1945-1950
Terjadi upaya-upaya untuk
mengganti Pancasila dengan ideology lain:
1.Pemberontakan PKI di Madiun
18 September 1948
Tujuannya: mendirikan Negara Negara Soviet
Indonesia yang berideologi komunis
Tokoh :Muso
2.Pemberontakan Darul Islam/
Tentara Islam Indonesia ( DI/TII)
Tujuan : mengganti Pancasila sebagai dasar
negara dengan syari’at Islam
Tokoh : Sekarmaji Marijan
Kartosuwiryo
B.Periode 1950-1959
Dasar Negara tetap Pancasila
,tetapi dalam penerapannya mengarah pada liberalism dalam system
ketatanegaraan,nilai-nilai
Pancasila menjadi hilang.
Tantangan yang dialami NKRI
antara lain :
a.terjadinya pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)
b.terjadinya pemberontakan Pemerintah Revolusioner Republik
Indonesia (PRRI)
c.terjadinya pemberontakan Perjuangan
Rakyat Semesta (Permesta)
C.Periode 1959-1966 (periode Demokrasi Terpimpin)
Terjadi penyimpangan penafsiran
terhadap Pancasila dan konstitusi
Akibat :terjadi kultus
individu terhadap Soekarno,adanya NASAKOM
Tantangan yang dialami NKRI :
-terjadinya pemberontakan
PKI pada tanggal 30 September 1965
Tokoh : D.N Aidit
Tujuan : -
mendirikan kembali Negara soviet di Indonesia
-mengganti
ideology Pancasila dengan ideology komunis
Media
LK
:
Carilah
persamaan dan perbedaan penerapan Pancasila pada periode 1945-1966 (orde lama)
No
|
Periode
|
Persamaan
|
Perbedaan
|
1.
|
1945 - 1950
|
|
|
2.
|
1950 - 1959
|
|
|
3.
|
1959 - 1966
|
|
|
>>> DOWNLOAD RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila
Penutup: Itulah RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.
seconds.
Posting Komentar