*/ -->

RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila




RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila - Sebagai tindak lanjut dalam menyampaikan bahan atau materi bagi seorang guru dan juga sekaligus sebagai kelengkapan administrasi pengajaran, kali ini saya akan share mengenai RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila untuk 1 kali pertemuan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP .......... ........
Mata pelajaran           : PPKn
Kelas/Semester           : 9/I
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit ( 1 pertemuan )

A.     Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar
1.1   Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
2.1   Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1  Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1  Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa
3.1.2 Menjelaskan  Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman.

D.  Materi  Pembelajaran 
Penerapan Pancasila dari Masa Ke Masa
a. Masa Orde Lama, meliputi
1) Periode 1945 – 1950
2) Periode 1950 – 1959
3) Periode 1959 – 1965

E.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: ( 3 x 40 Menit )
Pertemuan pertama diawali dengan mengulas isu-isu yang ada disekitar peserta didik.   Menyampaikan gambaran umum materi yang akan di pelajari pada Bab 1, kegiatan apa yang akan dilaksanakan, menjelaskan pentingnya mempelajari materi ini, menumbuhkan ketertarikan peserta didik terhadap materi yang akan di pelajari.
a. Materi Pembelajaran
Materi pokok pertemuan pertama membahas tentang Perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara pada masa Orde Lama Periode 1945 – 1965.
BAB I Bagian A point 1halaman 3 sampai 6.
b.  Proses Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, metode pembelajaran menggunakan discovery learning, metode diskusi dengan model pembelajaran bekerja dalam kelompok dan kajian dokumen historis. Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, dan mengasosiasikan dan mengomunikasikan

I. Kegiatan Pendahuluan 12 menit
a. Peserta Didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional
c. Melakukan apersepsi dengan tanya jawab mengenai Pancasila yang sudah dipelajari di kelas VII dan VIII.
d. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi  yang  
    akan dicapai
e. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f. Menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g. Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan
   
II.Kegiatan Inti :  90 menit
Mengamati,stimulasi
a.  Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 5 - 6 orang;
b.  Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 1.1  dan gambar 1.2 pada halaman  4  buku siswa  dan gambar yang ditayangkan guru sesuai dengan tema upaya mengubah Pancasila sebagai dasar Negara;

                                                                                               






    


Menanya,identifikasi masalah
a.       Setelah mengamati gambar atau tayangan yang disampaikan oleh guru, peserta didik dalam kelompok dibimbing oleh guru untuk menyusun pertanyaan sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi  dengan pembagian materi sebagai berikut :
Kelompok 1 dan 2 : mengkaji penerapan Pancasila pada periode 1945-1950
Kelompok 3 dan 4 : mengkaji penerapan Pancasila pada periode 1950-1959
Kelompok 5 dan 6 : mengkaji penerapan Pancasila pada periode 1959-1965

b.      Guru mengamati keterampilan peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok dalam menyusun pertanyaan.

c.       Guru memberikan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi.

d.      Guru menyeleksi pertanyaan yang dibuat setiap kelompok, pertanyaan   yang sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi dipakai sebagai acuan untuk kegiatan belajar selanjutnya.

Mengumpulkan Informasi, pengumpulan data
a.  Untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun Peserta Didik diminta untuk membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas IX Bab I bagian A halaman 2 sampai 9, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet tentang penerapan Pancasila pada masa orde lama.
b.  Peserta didik secara kelompok juga mencari informasi sesuai Tugas Kelompok 1.1 di halaman 6, melalui membaca buku, bertanya kepada guru, pengamatan, membuka, Internet tentang penerapan Pancasila pada masa orde lama.

Mengasosiasi , pengolahan Data
a.       Guru membimbing  peserta didik  secara berkelompok untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai  informasi yang sudah diperoleh sebelumnya tentang perbedaan dan persamaan  penerapan Pancasila  pada masa orde lama yaitu pada periode 1945-1950
         periode 1950-1959
         periode 1959-1965

b.      Guru melakukan pengamatan dan penilaian dalam kegiatan diskusi kelompok

Mengkomunikasikan, pembuktian, menarik kesimpulan
a.       Dengan bimbingan guru,peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang persamaan dan perbedaan penerapan  Pancasila pada masa orde lama dalam bentuk kertas lembaran. .

b.      Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok dengan presentasi, seperti :

1) Kelompok mempresentasikan  secara  bergantian  hasil kerjanya

3) Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.

4) Kelompok penyaji bertanya jawab dan diskusi dengan peserta didik lain tentang materi yang disajikan paling lama 15menit

c.  Peserta didik mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok, seperti :
1) Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain
2) Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat
3) Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh moderator
4) Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat
5) Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain

d. Guru menjelaskan pedoman penilaian selama penyajian materi, seperti aspek penilaian meliputi :
1) Kemampuan bertanya
2) Kebenaran gagasan/materi
3) Argumentasi yang benar dan logis
4) Bahasa yang digunakan (bahasa baku)
5) Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)

e. Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.

III.Kegiatan Penutup : 18 menit
a. Bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b. Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  yang akan dilakukan berkaitan pengalaman sejarah merubah dasar negara Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
1)  Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari pengalaman sejarah merubah dasar negara Pancasila ?

                   2) Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan ?
                   3) Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan
                   4) Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
                   5) Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?

c. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d. Guru memberikan tugas agar peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya yaitu tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.


c. Penilaian
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam Observasi ini  dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang diamati adalah, Iman taqwa, rasa Syukur, jujur.

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas               :  IX
Hari, Tanggal  :  Selasa,23 Juni 2015
Pertemuan Ke-:  I
Materi Pokok :  Penerapan Pancasila  pada masa orde lama
No
Nama

Aspek Penilaian
Iman Taqwa
Rasa Syukur
Jujur
Modus
Nilai
Predikat


































Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikapyang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai
             
              Skor perolehan
Nilai  =  -------------------  x 4
                        20

2) Penilaian Pengetahuan
Ø       Teknik                    : Tes Tertulis
Ø  Bentuk Instrumen       : Tes Uraian
             Kerjakan soal-soal berikut ini dengan memberikan jawaban yang singkat dan 
             tepat !
No
Ranah
Pertanyaan
1.
C1
Sebutkan tokoh-tokoh yang memimpin gerakan-gerakan penggantian dasar Negara (Pancasila)pada masa orde lama!
2.
C2
Apakah tujuan masing –masing gerakan pemberontakan yang terjadi pada masa orde lama tersebut ?
3.
C3
Ceritakan secara singkat terjadinya G30 SPKI
4.
C4
Berikan sedikitnya 2 persamaan dan perbedaan penerapan Pancasila pada masa orde lama!


            Pedoman Penilaian      :
             Petunjuk Pengisian
             Kerjakan soal-soal uji kompetensi dengan benar. Jawaban Anda akan mendapatkan   
            skor 0 sampai 100., dengan ketentuan sebagai berikut:

            1. Skor terendah adalah 0, yaitu apabila tidak ada satu pun jawaban yang benar
            2. Skor tertinggi adalah 100, yaitu apabila semua jawaban benar
            3. Setiap jawaban akan mendapatkan skor sesuai dengan kadar jawabannya

                                   Kunci Jawaban dan rubrik penskoran
No Soal
Kunci Jawaban
Rubrik
1.
Muso di Madiun,Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo di jabar(DI/TII),DN.Aidit
Dijawab sangat sempurna skor 4, dijawab sempurna skor 3, dijawab cukup sempurna skor 2, dijawab tidak sempurna skor 1, tidak dijawab 0
2.
Mengganti dasar Negara dan ideology Pancasila dengan ideology lain(komunis ,agama)
Dijawab sangat sempurna skor 4, dijawab sempurna skor 3, dijawab cukup sempurna skor 2, dijawab tidak sempurna skor 1, tidak dijawab 0
3
Terjadi penyimpangan penafsiran terhadap Pancasila dan konstitusi
     Akibat :terjadi kultus individu terhadap Soekarno,adanya NASAKOM
     Tantangan yang dialami NKRI :
     -terjadinya pemberontakan PKI  pada tanggal 30 September 1965
     Tokoh : D.N Aidit
     Tujuan  : -  mendirikan kembali Negara soviet di Indonesia
                    -mengganti ideology Pancasila dengan ideology komunis
   
Dijawab sangat sempurna skor 4, dijawab sempurna skor 3, dijawab cukup sempurna skor 2, dijawab tidak sempurna skor 1, tidak dijawab 0
4
Persamaan :sama-sama ingin mengganti ideology Pancasila dengan ideology lain
Perbedaan : PKI ingin mengganti Pancasila dengan ideology komunis,DI/TII dengan ideology agama dan RMS,PRRI,Permesta ingin melepaskan diri dari NKRI
Dijawab sangat sempurna skor 4, dijawab sempurna skor 3, dijawab cukup sempurna skor 2, dijawab tidak sempurna skor 1, tidak dijawab 0

Skor Maksimal
16

             Pedoman Penskoran:
             Jumlah perolehan skor peserta didik    x  Nilai ideal (4) =  Nilai Akhir
             Jumlah skor maksimal seluruh soal

3) Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang upaya merubah Pancasila sebagai dasar negara.

N0
Nama siswa
Kemampuan bertnya
Kemampuan menjawab/argumentasi
Memberi masukan/
sasaran





















































































Keterangan: di isi dengan tanda cek ( v )

Kategori Penilaian :

4 = sangat baik,  3 = baik,  2 = cukup,  1 = kurang

               Skor Perolehan
Nilai  =  --------------------- x 4
                              12

Pedoman Penskoran (rubrik) :

No
Aspek
Penskoran

Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.

Kemampuan menjawab/ argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional,
             dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional,
             dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak
             rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
             rasional, dan tidak jelas

Kemampuan memberi masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan
Skor 3, apabila sering memberi masukan
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan


B.     `Media / Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media
·         Gambar-gambar penerapan Pancasila pada masa orde lama
·         Power Point materi
·         Lembar kerja

2.      Alat dan bahan
·         Laptop
·         LCD Proyector


       3.   Sumber Belajar
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Pendi-dikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IX. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman   1 –  28
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Buku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IX. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman 49 –
93
·      Bahan ajar untuk peserta didik (terlampir)
·      Internet 
·      Buku referensi lain yang relevan


Mengetahui,                                                                                     Denpasar, 9 Juli 2016
Kepala SMP .........................                                                     Guru Mapel PPKn


                                                                             ................................................
NIP. 19581231 198003 1 196                                                                                                                                                                    NIP.














LAMPIRAN :

Materi Ajar :
Penerapan Pancasila pada masa Orde Lama
A.Periode 1945-1950
   Terjadi upaya-upaya untuk mengganti Pancasila dengan ideology lain:
     1.Pemberontakan PKI di Madiun 18 September 1948
        Tujuannya: mendirikan Negara Negara Soviet Indonesia yang berideologi komunis
        Tokoh :Muso

     2.Pemberontakan Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia ( DI/TII)
        Tujuan : mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syari’at Islam
        Tokoh : Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo

B.Periode 1950-1959
    Dasar Negara tetap Pancasila ,tetapi dalam penerapannya mengarah pada liberalism dalam system
    ketatanegaraan,nilai-nilai Pancasila menjadi hilang.
    Tantangan yang dialami NKRI antara lain :
    a.terjadinya  pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)
    b.terjadinya  pemberontakan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI)
    c.terjadinya pemberontakan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta)

C.Periode 1959-1966 (periode Demokrasi Terpimpin)
    Terjadi penyimpangan penafsiran terhadap Pancasila dan konstitusi
     Akibat :terjadi kultus individu terhadap Soekarno,adanya NASAKOM
     Tantangan yang dialami NKRI :
     -terjadinya pemberontakan PKI  pada tanggal 30 September 1965
     Tokoh : D.N Aidit
     Tujuan  : -  mendirikan kembali Negara soviet di Indonesia
                    -mengganti ideology Pancasila dengan ideology komunis

   
Media




LK :
Carilah persamaan dan perbedaan penerapan Pancasila pada periode 1945-1966 (orde lama)
No
Periode
Persamaan
Perbedaan
1.

1945 - 1950







2.

1950 - 1959







3.

1959 - 1966









>>> DOWNLOAD  RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila

Penutup: Itulah RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.



bm

Hanya seorang manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dan mencoba hal - hal baru.

Show comments
Hide comments

Posting Komentar